Persiapan panel adalah persyaratan umum di dalam
pekerjaan otomotif, baik panel baru maupun panel lama. Pekerjaan persiapan
panel adalah semua kegiatan yang dilakukan meliputi perlakuan sebelum
pengecatan untuk panel baru dan untuk pemulihan suatu kerusakan atau
penggantian panel lama. Pekerjaan persiapan panel sangat penting karena
pekerjaan ini berbagai suatu pekerjaan dasar untuk mendapatkan hasil akhir yang
lebih baik pada top coating (tapisan akhir suatu pengecatan kendaraan). Persiapan
panel yang benar kemudian dilanjutkan dengan sistem pengecatan yang baik pula,
jelas akan menjamin daya lekat cat. Jika hal ini yang terjadi maka pengecatan akan tahan terhadap embun, dan
dapat mencegah timbulnya karat dikemudian
hari.
Tujuan utama persiapan panel adalah berbagai berikut:
Tujuan utama persiapan panel adalah berbagai berikut:
1.
Untuk mengembalikan permukaan yang
penyok ke posisi semula
2.
Untuk melindungi metal dasar dari
karat
3.
Untuk memperbaiki daya lekat dengan
perlakuan Lapisan bahan- bahan cat berikutnya.
Persiapan panel meliputi:
A. Melindungi panel baru.
Panel baru yang dimaksudkan di sini
bukanlah panel yang baru dibuat secara keseluruhan seperti di industri-industri
otomotif. Panel baru yang dimaksudkan adalah plat-plat baru yang dipakai
berbagai pengganti dari bagian-bagian kendaraan yang mengalami kerusakan.
Kerusakan ini seperti penggantian spatbor (mudgard) baik sebagian atau
penggantian secara keseluruhan dengan model yang sudah jadi tinggal
menggantikan spatbor yang telah rusak. Kerusakan lain misalnya pintu, kap mesin
dan lain sebagainya.
Panel yang baru ini sebelum dipasang
karena lamanya pekerjaan yang lain, maka untuk mencagah karat perlu dilapisi
dengan lapisan yang bercampur dengan asam phosphoric dan lanonine. Minyak
lanonine diperoleh dari wool biri-biri. Larutan ini hanya untuk mencegah karat
sementara terutama jika jangka waktu persiapan agak lama baru melakukan
pengecatan. Jika phosphoric dan lanonine tidak tersedia, maka panel dapat
dilapisi dengan oli bekas. Selama persiapan panel tersebut tidak akan berkarat,
akan tetapi panel tersebut harus dibersihkan dengan dioxidine sebelum diprimer.
Jika dioxidine tidak tersedia maka
panel baru tersebut dapat dicuci dengan bensin atau thinner A (thinner drom)
untuk menghilangkan lapisan pelindungnya. Setetah itu diamplas dengan kertas
amplas train atau amplas kering dengan kertas amplas harus nomor 0 atau nomor
1/2. Sesudah itu cuci kembali dengan bensin lalu dilap kering dengan
menggunakan majun yang bersih. Panel yang baru ini tidak boleh sekali-kali
disentuh lagi dengan tangan telanjang, karena pada tangan terdapat keringat
yang mengandung asam atau zat garam yang dapat menyebabkan plat berkarat.
Selanjutnya sesudah dilap bersih dicat dengan cat primer yang pertama.
B. Melepas assesoris.
Sebuah kendaraan mempunyai banyak assesoris yang tidak
boleh dikenai cat ketika mobil tersebut akan dicat kembati. Oleh karena itu
assesoris inj perlu dilepas dengan hati-hati sebelum dilakukan pengecatan.
Tidak semua assesoris kendaraan dilepas pada saat kendaraan tersebut akan
dicat. Untuk melepas suatu assesoris perlu perhitungan dan pertimbangan
beberapa hal antara lain berat ringannya kerusakan bodi kendaraan tersebut,
jenis dari kendaraan tersebut mewah atau sedang atau biasa, biaya perbaikan dan
lain sebagainya. berbagai contoh kaca depan, jika disekitar les kaca tidak ada
kebocoran yang berat yang perlu perbaikan serius, maka sebaiknya kaca depan
tidak perlu dibuka. Untuk menghindari karet kaca can kaca itu sendiri dari
semprotan cat, maka karet dan kaca dapat ditutup dengan kertas penutup dan
plester cat.
Assesoris –assaesoris yang perlu dilepas adalah sbt:
-Kaca Spion
- Bemper
- Lampu-lampu
- Kaca-kaca
- Karet-Karet Pintu
- Plat Nomor
- Wifer (penghapus Kaca)
- Batere
- Assesoris lain
C. Mengeluarkan cat lama
Assesoris –assaesoris yang perlu dilepas adalah sbt:
-Kaca Spion
- Bemper
- Lampu-lampu
- Kaca-kaca
- Karet-Karet Pintu
- Plat Nomor
- Wifer (penghapus Kaca)
- Batere
- Assesoris lain
C. Mengeluarkan cat lama
Sebelum menyemprotkan cat baru di
alas lapisan cat untuk sebaiknya diadakan perneriksaan terhadap panel dengan
saksama jangan samapai masih ada kerusakan-kerusakannya. Jika suatu kendaraan
baru pertama kali dicat ulang (pengecatan kedua kalinya), maka cat kendaraan
tersebut masih tipis dan kemungkinan retak-retak sedikit. kendaraan yang
demikian cat tuanya tidak perlu dikeluarkan cukup diamplas dengan kertas amplas
halus nomor 500 atau 600 kemudian diberi cat dasar (primer surfacer). Akan
tetapi jika suatu kendaraan yang sudah beberapa kali dicat ulang maka cat dan
dempulnya sudah berlapis-lapis masuk sehingga lapisan catnya sudah tebal. Suatu
lapisan cat yang tebal akan mudah retak sebab itu untuk mendapatkan hasil
pengecatan ulang yang baik, maka mau tidak mau cat lama harus dikupas atau
dihilangkan.
Untuk
mengeluarkan atau Mengupas cat lama dapat dilakukan dengan beberapa cara
berbagai berikut:
1. Cara mekanik.
Mengupas cat lama dengan cara mekanik dapat dilakukan dengan cara berbagai berikut:
a. Dibakar (Burning off)
Mengupas cat lama dengan membakar adalah suatu cara yang efektif untuk mengeluarkan cat lama dari permukaan panel. Cara mekanik ini menggunakan kompor gas kemudian cat itu dibakar step by step dan sementara itu diskrap dengan menggunakan pisau dempul (putty knife). Nyala api diarahkan ke permukaan cat sehingga cat tersebut mudah dikupas dengan pisau dempul.
Mengupas cat lama dengan menggunakan kompor gas perlu hati-hati, karena pemanasan yang berlebihan akan menyebabkan plat mobil dapat bergelombang. Jika hal ini sampai terjadi maka pekerjaan akan bertambah berat, bertambah lama dan biaya bertambah. jika karena suatu keteledoran sehingga pamanasan berlebihan yang menyebabkan plat bergelombang, maka segeralah menyiram air plat tersebut semasih panas atau ambil majun yang telah dibasahi dengan air lalu tempelkan ke plat yang masih panas, maka plat besar kemungkinan akan kembali pada posisi semula.
Panaskanlah plat secara pelan-pelan kemudian kupas lagi lalu panaskan lagi kupas lagi begitu terus sambil mernperhatikan apakah plat kendaraan tidak berubah (tidak bergelombang akibat panas). Kompor gas ini tidak boleh digunakan di atas permukaan panel seperti halnya pada waktu membakar logam, untuk menghilangkan lapisan-lapisan pengisi dari sekeliling sambungan. Hati-hati melakukan pembakaran pada plat yang berdekatan dengan tangki bahan bakar atau sebaiknya lepas dulu tangki bensin sebelum melakukan pembakaran.
b. Mesin sander.
Mengupas atau menghilangkan cat lama dapat juga dilakukan dengan menggunakan mesin sander. Pekerjaan ini adalah suatu cara untuk mengupas cat dengan menggunakan kertas amplas kasar nomor 24 - 36 pada mesin sander.
Mengupas cat dengan menggunakan mesin sander adalah suatu pekerjaan yang lambat. Hal ini disebabkan oleh tertutupnya lubang-lubang kertas amplas dengan bekas-bekas cat yang terlepas. Jika kertas amplas tertutup oleh debu cat, maka harus berhenti sejenak untuk membersihkan kertas amplas dengan sikat baru dimulai lagi mengamplas. Selain itu kertas amplas cepat aus sehingga harus diganti lagi.
c. Pembersihan dengan pasir (Abrasive Blast Cleaning)
Pekerjaan ini adalah suatu cara untuk mengupas cat yang pada umumnya diketahui seperti Sand Blasting (mengupas dengan ledakan). Pembersihan dengan pasir ini yaitu dengan ledakan ini sedikit menyesatkan. Akan tetapi sebenarnya ada cukup banyak partikel-partikel pengamplas/penggosok untuk dipilih. Beberapa diantaranya yang dapat dipilih seperti pasir dan pecahan-pecahan kaca. Mengamplas dengan ledakan terutama sekali digunakan untuk membersihkan kerusakan yang disebabkan oleh api dan karat.
d. Cara konvensional
Mengupas cat lama secara konvensional adalah dengan menggunakan pahat, betel, ring seher bekas. Caranya adalah dengan mengeruk secara pelan-pelan atau step bay step. Cara ini adalah suatu cara mengupas cat lama yang paling lama dan membosankan.
2. Cairan pengupas.
Bermacam-macam pengupas cat yang tersedia dalam dunia perdagangan tapi dapat diklasifikasikan dalam dua kelompok :
a. Pengupas cat yang tajam (caustic base strippers).
Jenis pengupas cat ini adalah paling baik untuk mengupas lapisan cat. Larutan ini berisi bensol, soda api, wax dan bahan tambahan lainnya. Pengupas cat secara kimia ini di pasaran dikenal dengan soda api. Cairan ini dipakai dengan menggunakan kuas besar dengan cara mengulaskan di atas permukaan cat. Dengan lapisan agak tebal dan yakinkan bahwa semua permukaan sudah dipoles dengan rata. Sesudah dua atau tiga jam bahan ini akan meresap ke dalam lapisan cat. semalam pada permukaan cat. Keesokan harinya baru disemprot dengan menggunakan air. Untuk memperoleh penekanan yang penuh ke dalam plat maka dilakukan dengan semprotan air yang kuat dan dapat menembus celah dan bagian-bagian yang retak sehingga semua kotoran¬kotoran dan zat yang melekat pada permukaan plat dapat menjadi bersih. Soda api yang melekat tentu lama pada plat dapat merusak plat bahkan mudah berkarat. Sebab itu setelah semua cat terkelupas cucilah permukaan plat atau kendaraan dengan menggunakan deterjen (sabun) kemudian bersihkan dengan air bersih.
b. Solvent base stripper (scrape off)
Pengupas cat jenis ini terbuat dari sejumlah Larutan, antara lain yang terutama adalah Methytine Chloride can Wax yang terdapat larut dalam air. Larutan ini terdapat digunakan panda semua cat tetapi lebih efektif pada cat enamel. Penggunaannya adalah dengan mengulaskan cairan ini pada permukaan panel dengan luas yang kecil. Cairan diulaskan di alas permukaan agak tebal, sesudah itu Larutan akan masuk ke dalam pori-pori cat. Sekitar 10 menit kemudian cat mulai mengkerut can pada saat itu harus segera dikupas dengan menggunakan skrap atau pisau dempul. Jika kerutan sudah mengering maka cat tersebut biasanya sulit lagi untuk dikupas dengan menggunakan pisau dempul. Ketika larutan base stripper ini cligunakan pada cat enamel, maka cat akan condong mengkerut. Lapisan cat yang mengerut akan mudah sekali dikupas dengan menggunakan pisau dempul. Sesudah bagian permukaan panel yang tidak terlalu luas itu bersih, kemudian dilanjutkan dengan permukaan selanjutnya dengan cara yang sama. Demikian seterusnya sampai semua cat Lama pada bodi kendaraan dikupas secara keseturuhan. Solvent base (scrapper off) tidak meninggalkan bekas (solvent berisi tarutan wax yang dicuci dengan air) dan ideal untuk mengupas cat pada permukaan logam rnaupun pada permukaan kayu. Air adalah suatu zat yang biasa untuk menetralkan pengupas. Semua hiasan-hiasan, molding sebaiknya dilepas sebelum pengelupasan cat dimulai.
D. Meratakan gelombang pada mobil
1. Cara mekanik.
Mengupas cat lama dengan cara mekanik dapat dilakukan dengan cara berbagai berikut:
a. Dibakar (Burning off)
Mengupas cat lama dengan membakar adalah suatu cara yang efektif untuk mengeluarkan cat lama dari permukaan panel. Cara mekanik ini menggunakan kompor gas kemudian cat itu dibakar step by step dan sementara itu diskrap dengan menggunakan pisau dempul (putty knife). Nyala api diarahkan ke permukaan cat sehingga cat tersebut mudah dikupas dengan pisau dempul.
Mengupas cat lama dengan menggunakan kompor gas perlu hati-hati, karena pemanasan yang berlebihan akan menyebabkan plat mobil dapat bergelombang. Jika hal ini sampai terjadi maka pekerjaan akan bertambah berat, bertambah lama dan biaya bertambah. jika karena suatu keteledoran sehingga pamanasan berlebihan yang menyebabkan plat bergelombang, maka segeralah menyiram air plat tersebut semasih panas atau ambil majun yang telah dibasahi dengan air lalu tempelkan ke plat yang masih panas, maka plat besar kemungkinan akan kembali pada posisi semula.
Panaskanlah plat secara pelan-pelan kemudian kupas lagi lalu panaskan lagi kupas lagi begitu terus sambil mernperhatikan apakah plat kendaraan tidak berubah (tidak bergelombang akibat panas). Kompor gas ini tidak boleh digunakan di atas permukaan panel seperti halnya pada waktu membakar logam, untuk menghilangkan lapisan-lapisan pengisi dari sekeliling sambungan. Hati-hati melakukan pembakaran pada plat yang berdekatan dengan tangki bahan bakar atau sebaiknya lepas dulu tangki bensin sebelum melakukan pembakaran.
b. Mesin sander.
Mengupas atau menghilangkan cat lama dapat juga dilakukan dengan menggunakan mesin sander. Pekerjaan ini adalah suatu cara untuk mengupas cat dengan menggunakan kertas amplas kasar nomor 24 - 36 pada mesin sander.
Mengupas cat dengan menggunakan mesin sander adalah suatu pekerjaan yang lambat. Hal ini disebabkan oleh tertutupnya lubang-lubang kertas amplas dengan bekas-bekas cat yang terlepas. Jika kertas amplas tertutup oleh debu cat, maka harus berhenti sejenak untuk membersihkan kertas amplas dengan sikat baru dimulai lagi mengamplas. Selain itu kertas amplas cepat aus sehingga harus diganti lagi.
c. Pembersihan dengan pasir (Abrasive Blast Cleaning)
Pekerjaan ini adalah suatu cara untuk mengupas cat yang pada umumnya diketahui seperti Sand Blasting (mengupas dengan ledakan). Pembersihan dengan pasir ini yaitu dengan ledakan ini sedikit menyesatkan. Akan tetapi sebenarnya ada cukup banyak partikel-partikel pengamplas/penggosok untuk dipilih. Beberapa diantaranya yang dapat dipilih seperti pasir dan pecahan-pecahan kaca. Mengamplas dengan ledakan terutama sekali digunakan untuk membersihkan kerusakan yang disebabkan oleh api dan karat.
d. Cara konvensional
Mengupas cat lama secara konvensional adalah dengan menggunakan pahat, betel, ring seher bekas. Caranya adalah dengan mengeruk secara pelan-pelan atau step bay step. Cara ini adalah suatu cara mengupas cat lama yang paling lama dan membosankan.
2. Cairan pengupas.
Bermacam-macam pengupas cat yang tersedia dalam dunia perdagangan tapi dapat diklasifikasikan dalam dua kelompok :
a. Pengupas cat yang tajam (caustic base strippers).
Jenis pengupas cat ini adalah paling baik untuk mengupas lapisan cat. Larutan ini berisi bensol, soda api, wax dan bahan tambahan lainnya. Pengupas cat secara kimia ini di pasaran dikenal dengan soda api. Cairan ini dipakai dengan menggunakan kuas besar dengan cara mengulaskan di atas permukaan cat. Dengan lapisan agak tebal dan yakinkan bahwa semua permukaan sudah dipoles dengan rata. Sesudah dua atau tiga jam bahan ini akan meresap ke dalam lapisan cat. semalam pada permukaan cat. Keesokan harinya baru disemprot dengan menggunakan air. Untuk memperoleh penekanan yang penuh ke dalam plat maka dilakukan dengan semprotan air yang kuat dan dapat menembus celah dan bagian-bagian yang retak sehingga semua kotoran¬kotoran dan zat yang melekat pada permukaan plat dapat menjadi bersih. Soda api yang melekat tentu lama pada plat dapat merusak plat bahkan mudah berkarat. Sebab itu setelah semua cat terkelupas cucilah permukaan plat atau kendaraan dengan menggunakan deterjen (sabun) kemudian bersihkan dengan air bersih.
b. Solvent base stripper (scrape off)
Pengupas cat jenis ini terbuat dari sejumlah Larutan, antara lain yang terutama adalah Methytine Chloride can Wax yang terdapat larut dalam air. Larutan ini terdapat digunakan panda semua cat tetapi lebih efektif pada cat enamel. Penggunaannya adalah dengan mengulaskan cairan ini pada permukaan panel dengan luas yang kecil. Cairan diulaskan di alas permukaan agak tebal, sesudah itu Larutan akan masuk ke dalam pori-pori cat. Sekitar 10 menit kemudian cat mulai mengkerut can pada saat itu harus segera dikupas dengan menggunakan skrap atau pisau dempul. Jika kerutan sudah mengering maka cat tersebut biasanya sulit lagi untuk dikupas dengan menggunakan pisau dempul. Ketika larutan base stripper ini cligunakan pada cat enamel, maka cat akan condong mengkerut. Lapisan cat yang mengerut akan mudah sekali dikupas dengan menggunakan pisau dempul. Sesudah bagian permukaan panel yang tidak terlalu luas itu bersih, kemudian dilanjutkan dengan permukaan selanjutnya dengan cara yang sama. Demikian seterusnya sampai semua cat Lama pada bodi kendaraan dikupas secara keseturuhan. Solvent base (scrapper off) tidak meninggalkan bekas (solvent berisi tarutan wax yang dicuci dengan air) dan ideal untuk mengupas cat pada permukaan logam rnaupun pada permukaan kayu. Air adalah suatu zat yang biasa untuk menetralkan pengupas. Semua hiasan-hiasan, molding sebaiknya dilepas sebelum pengelupasan cat dimulai.
D. Meratakan gelombang pada mobil
Gelombang-gelombang yang dimaksudkan
di sini hanyalah gelombang¬-gelombang kecil. Untuk kerusakan-kerusakan yang
parah adalah pekerjaan dari seorang ahli ketok dan yang biasanya dikuasai oleh
seorang tukang las. Di lapangan atau di bengkel-bengkel las/ketok dan
pengecatan sebenarnya terdiri dari dua profesi, tapi tidak rnenutup kemungkinan
seseorang terdapat mengalami kedua profesi ini. Jadi seorang tukang Las/Ketok
juga terdapat menjadi tukang cat. Pada kesempatan ini hanyalah
gelombang-gelombang kecil atau kerusakan-kerusakan kecil yang terdapat
diperbaiki oleh seorang tukang cat. Jika ada bagian yang akan dilas, maka harus
diserahkan pada ahlinya. Jika ketika kendaraan itu mengalami kerusakan yang
besar haruslah dikerjakan oleh seorang tukang las/ketok yang profesional.
Sebelum meratakan suatu gelombang pada permukaan kendaraan, maka terlebih
dahulu mencari di mana terdapat gelombang tersebut panda permukaan panel. Untuk
menemukan gelombang panda permukaan panel yang sudah dikupas catnya ada
beberapa cara. Cara menemukan gelombang tersebut adalah: pandangan mata,
meraba, membandingkan model permukaan panel yang di sebelahnya dan dengan
menggunakan mistar yang panjang. Gelombang yang sedikit besar dengan mudah
terdapat dikenali. Gelombang kemudian diraba lagi dengan menyapu menggunakan
telapak tangan sekedar untuk membuktikan bahwa betul-betul pada daerah itu ada
gelombang. Selanjutnya diratakan dengan menggunakan landasan dan palu perata.
Jika gelombang tersebut agak besar, kadang-kadang dengan sedikit kejutan palu
yang terkendali gelombang tersebut terdapat kembali ke posisi semuta (permukaan
menjadi rata). Akan tetapi ada juga gelombang setelah kembali, ditindis sedikit
saja akan kembali bergelombang. Hal ini rnenandakan bahwa pada daerah itu telah
terjadi perluasan permukaan sehingga cembung atau cekung. Jika terjadi demikian
maka plat harus disusutkan dengan cara membuat gelombang-gelombang kecil.
Gelombang yang kecil ini tidak membutuhkan lagi pendempulan yang tebal untuk
mendapatkan permukaan yang rata. Dalam proses meratakan gelombang harus selalu
dibandingkan dengan model yang di sebelahnya apa sudah sama atau belum.
Kadang-¬kadang juga harus di tes dengan menggunakan mistar dengan cara
menggerakkan mistar dari atas ke bawah pada model yang utuh lalu diperhatikan
keadaannya. Selanjutnya pada permukaan yang diratakan juga dipasang mistar
dengan cara yang sama lalu dibandingkan. Untuk gelombang-gelombang yang kecil
terkadang sulit dikenali, maka gunakanlah mistar untuk menemukan di mana letak
gelombang. Jika gelombang telah ditemukan baru diratakan dengan menggunakan
palu dan landasan. Terkadang pada suatu daerah di mana terdapat gelombang,
sulit untuk diratakan dengan menggunakan landasan, maka gunakanlah pencungkil
yang sekaligus menjadi landasan.
E. Menghilangkan karat.
E. Menghilangkan karat.
Pada waktu yang lampau, karat didefinisikan berbagai
suatu proses elektro kimia. Namun pada saat ini diketahui bahwa ada pula proses
pengkaratan yang mekanismenya belurn terdapat dijelaskan secara pasti, misalnya
karat pelarutan selektif, atau yang mekanismenya merupakan gabungan antara
proses karat dan fisik, misalnya karat kelelahan yang lajim disebut Corrosion
Fatique Berta proses pelapukan pada benda padat non metal. Sebab itu sebaiknya
namakan Baja karat berbagai proses pembusukan suatu bahan atau proses perubahan
sifat suatu bahan akibat pengaruh atau reaksinya dengan lingkungan sekitarnya.
Hampir semua bahan fero dan non fero atau bahan logam dan non logam dapat
berkarat. Adapun cara yang terbaik untuk mencegah terjadinya serangan karat
adalah dengan menciptakan suatu situasi atau suasana lingkungan yang menetralisir
terjadinya proses pengkaratan. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan bahan
pelapis permukaan yang anti terhadap suatu jenis karat tertentu atau
menggunakan bahan yang tahan terhadap jenis karat tertentu. Pada teknotogi
pengecatan, kita hanya berbicara sekitar karat yang terjadi panda logam, cara
menghilangkan atau mengurangi, karena untuk menghilangkan sama sekali adalah
tidak mungkin. Apabila permukaan panel rusak karena karat, maka cara yang tidak
berbahaya untuk menghilangkannya ialah dengan menggunakan larutan. Karat
terdapat dibandingkan seperti kanker pada bodi kendaraan. Jika karat tidak
secepat mungkin dihilangkan atau paling tidak dicegah perkembangannya, maka
karat itu akan mempengaruhi daerah sekitarnya dan akan bertambah terus menerus.
Pada tingkat awal karat pada lapisan permukaan logam kelihatan kemerah-merahan.
Setanjutnya karat akan terus bertumbuh dan mulai muncul seperti binti-bintik
kecil. Setelah karat itu bertumbuh maka disebut "Miltasak". Jika
karat dibiarkan terus maka bintik-bintik kedua juga terus berubah menjadi
bintik-bintik besar dan semakin besar sampai terjadi lobang. Semakin lama
lobang semakin besar dan plat mulai hancur secara pelan-pelan. Kalau
membersihkan karat, maka seharusnya dihilangkan secara tuntas dan diberi perawatan,
karena kalau tidak maka karat akan terus bertumbuh dan merajalela. Dan dalam
waktu yang tidak terlalu lama keseluruhan plat menjadi keropos, hancur menjadi
karat. Jika hal ini terjadi, maka plat tersebut tidak terdapat lagi berfungsi
sebagaimana mestinya karena karat yang sudah para tidak mungkin lagi untuk
terdapat dihilangkan. Bahkan platnya sendiri sudah hancur tidak terdapat
digunakan. Menghilangkan karat terdapat dilakukan dengan beberapa cara berbagai
berikut:
1. Mengamplas.
Jika suatu permukaan panel yang kadar karatnya masih ringan, maka karat tersebut terdapat dihilangkan dengan mengamplas plat tersebut. Gunakan kertas amplas kering untuk mengamplas karat yang demikian. Kertas amplas yang terdapat dipakai tingkat kekasarannya harus disesuaikan dengan berat ringannya karat yang akan diamplas. Jika karat baru kemerah-¬merahan atau sangat ringan, gunakanlah kertas amplas kering yang halus (nomor 0 - 1) ini dimaksudkan agar permukaan tidak tergores sebab jika tergores membutuhkan lagi pendempulan untuk meratakan permukaan tersebut. Jika karat sudah mulai berbintik-bintik kecil gunakan pertama kertas amplas kering dengan tingkat kekasaran sedang (nomor 1 1/2 - 2) baru haluskan dengan kertas amplas halus. Jika bintik bintik karat agak besar, gunakan kertas amplas kasar (nomor 3) lalu haluskan dengan kertas amplas kering yang halus. Karat yang parah seperti plat mulai berlubang-lubang kecil tidak terdapat dihilangkan dengan mengamplas.
2. Menggunakan sikat baja
Sikat baja terdiri dari dua jenis yaitu sikat baja yang terdapat digunakan secara manual dan sikat baja yang terdapat digunakan pada mesin dalam hal ini mesin gerinda tangan dapat digunakan. Menghilangkan karat dengan sikat baja secara manual membutuhkan waktu yang agak lama. Sikat baja yang dipasang pada mesin terdapat dibeli di toko-toko cat. Sikat ini tinggal dipasang langsung pada mesin kemudian dikeraskan dengan menggunakan kunci. Sebelum menggunakan sikat baja baik yang manual maupun yang menggunakan mesin, pakailah pakaian kerja secara lengkap yaitu masker, kaca mats, kaos tangan, pelindung dada, dan sepatu.
3. Menghilangkan karat dengan larutan (zat kimia)
Karat-karat yang masih ringan atau masih kecil paling efektif menghilangkannya dengan sistem kimia. Dengan mencairkan suatu bagian larutan dan dua bagian air (suatu banding dual), maka dengan sendirinya terdapat menghemat larutan. Apabita lapisan karat yang akan dibersihkan agak parah maka larutan kimia tidak perlu ditambah dengan air. Terdapat bermacam-macam larutan pembersih karat dalam dunia perdagangan antara lain: yang disebut Metal Prup dan Doxidine. Untuk cars penggunaan larutan ini di Batas suatu permukaan yang berkarat sebaiknya ikuti petunjuk berbagai berikut:
a. Pakailah kuas pada cat menggunakan cairan pada permukaan. Jaga jangan sampai merusak permukaan panel. (biarkan 10 - 15 menit). Larutan akan bekerja panda bagian-bagian yang berkarat. sebaiknya menggunakan glove apabita mengoles larutan di Batas suatu permukaan.
b. Gosok dengan steel wol sampai permukaan itu bersih dan mengkilat. Steel wol terdapat menolong untuk menghilangkan karat dari bagian-bagian permukaan yang sudah parah karatnya.
c. Cuci dengan air karena air terdapat menetralisir zat kimia dan lap sampai kering. Gunakan lap yang bersih untuk mengeringkan permukaan. Apabita air tidak dihilangkan sampai kering dengan segera maka karat akan terjadi lagi.
d. Latar betakang metode inj adalah untuk membersihkan permukaan panel sehingga kering dan tidak terdapat lagi kotoran-kotoran pada permukaan.
e. Setelah permukaan panel tersebut sudah dilap dengan kain Lap yang bersih kemudian dikeringkan maka permukaan panel tersebut tidak boleh diraba lagi karena pada tangan mungkin terdapat keringat yang mengandung garam can zat asam sehingga terdapat menyebabkan timbulnya karat kembali. Sehubungan dengan itu maka sebaiknya menggunakan sarung tangan pada waktu menghilangkan karat dengan suatu lanutan kimia.
f. Apabita permukaan panel sudah dicuci dengan larutan maka permukaan panel itu akan kelihatan keputih-putihan. Tepung yang keputih-putihan ini adalah suatu phosphatic dan ini menunjukkan bahwa ada bagian-bagian yang bebas dari asam. Bagian-bagian seperti itu terdapat membahayakan hasil pengecatan sebab itu tepung yang keputih-putihan ini harus dihilangkan sebelum pengecatan.
g. Phospate sebenarnya tidak berbahaya untuk suatu permukaan cat dan tidak perlu digosok dengan thinner atau larutan lain. Selanjutnya permukaan logam yang telah dicuci dengan larutan pencuci karat sebaiknya secepatnya diberi cat primer untuk menjaga kemungkinan terjadinya karat kembali.
F. Mencat dasar pertama
1. Mengamplas.
Jika suatu permukaan panel yang kadar karatnya masih ringan, maka karat tersebut terdapat dihilangkan dengan mengamplas plat tersebut. Gunakan kertas amplas kering untuk mengamplas karat yang demikian. Kertas amplas yang terdapat dipakai tingkat kekasarannya harus disesuaikan dengan berat ringannya karat yang akan diamplas. Jika karat baru kemerah-¬merahan atau sangat ringan, gunakanlah kertas amplas kering yang halus (nomor 0 - 1) ini dimaksudkan agar permukaan tidak tergores sebab jika tergores membutuhkan lagi pendempulan untuk meratakan permukaan tersebut. Jika karat sudah mulai berbintik-bintik kecil gunakan pertama kertas amplas kering dengan tingkat kekasaran sedang (nomor 1 1/2 - 2) baru haluskan dengan kertas amplas halus. Jika bintik bintik karat agak besar, gunakan kertas amplas kasar (nomor 3) lalu haluskan dengan kertas amplas kering yang halus. Karat yang parah seperti plat mulai berlubang-lubang kecil tidak terdapat dihilangkan dengan mengamplas.
2. Menggunakan sikat baja
Sikat baja terdiri dari dua jenis yaitu sikat baja yang terdapat digunakan secara manual dan sikat baja yang terdapat digunakan pada mesin dalam hal ini mesin gerinda tangan dapat digunakan. Menghilangkan karat dengan sikat baja secara manual membutuhkan waktu yang agak lama. Sikat baja yang dipasang pada mesin terdapat dibeli di toko-toko cat. Sikat ini tinggal dipasang langsung pada mesin kemudian dikeraskan dengan menggunakan kunci. Sebelum menggunakan sikat baja baik yang manual maupun yang menggunakan mesin, pakailah pakaian kerja secara lengkap yaitu masker, kaca mats, kaos tangan, pelindung dada, dan sepatu.
3. Menghilangkan karat dengan larutan (zat kimia)
Karat-karat yang masih ringan atau masih kecil paling efektif menghilangkannya dengan sistem kimia. Dengan mencairkan suatu bagian larutan dan dua bagian air (suatu banding dual), maka dengan sendirinya terdapat menghemat larutan. Apabita lapisan karat yang akan dibersihkan agak parah maka larutan kimia tidak perlu ditambah dengan air. Terdapat bermacam-macam larutan pembersih karat dalam dunia perdagangan antara lain: yang disebut Metal Prup dan Doxidine. Untuk cars penggunaan larutan ini di Batas suatu permukaan yang berkarat sebaiknya ikuti petunjuk berbagai berikut:
a. Pakailah kuas pada cat menggunakan cairan pada permukaan. Jaga jangan sampai merusak permukaan panel. (biarkan 10 - 15 menit). Larutan akan bekerja panda bagian-bagian yang berkarat. sebaiknya menggunakan glove apabita mengoles larutan di Batas suatu permukaan.
b. Gosok dengan steel wol sampai permukaan itu bersih dan mengkilat. Steel wol terdapat menolong untuk menghilangkan karat dari bagian-bagian permukaan yang sudah parah karatnya.
c. Cuci dengan air karena air terdapat menetralisir zat kimia dan lap sampai kering. Gunakan lap yang bersih untuk mengeringkan permukaan. Apabita air tidak dihilangkan sampai kering dengan segera maka karat akan terjadi lagi.
d. Latar betakang metode inj adalah untuk membersihkan permukaan panel sehingga kering dan tidak terdapat lagi kotoran-kotoran pada permukaan.
e. Setelah permukaan panel tersebut sudah dilap dengan kain Lap yang bersih kemudian dikeringkan maka permukaan panel tersebut tidak boleh diraba lagi karena pada tangan mungkin terdapat keringat yang mengandung garam can zat asam sehingga terdapat menyebabkan timbulnya karat kembali. Sehubungan dengan itu maka sebaiknya menggunakan sarung tangan pada waktu menghilangkan karat dengan suatu lanutan kimia.
f. Apabita permukaan panel sudah dicuci dengan larutan maka permukaan panel itu akan kelihatan keputih-putihan. Tepung yang keputih-putihan ini adalah suatu phosphatic dan ini menunjukkan bahwa ada bagian-bagian yang bebas dari asam. Bagian-bagian seperti itu terdapat membahayakan hasil pengecatan sebab itu tepung yang keputih-putihan ini harus dihilangkan sebelum pengecatan.
g. Phospate sebenarnya tidak berbahaya untuk suatu permukaan cat dan tidak perlu digosok dengan thinner atau larutan lain. Selanjutnya permukaan logam yang telah dicuci dengan larutan pencuci karat sebaiknya secepatnya diberi cat primer untuk menjaga kemungkinan terjadinya karat kembali.
F. Mencat dasar pertama
Cat dasar sebenarnya digunakan pada beberapa lokasi
lapisan. Untuk pemakaian cat solid baik cat lacquer rnaupun cat enamel
penggunaan cat dasar paling tidak dua kali. Pertama pada permukaan logam dan kedua
setetah pengamplasan dempul. Untuk cat metalic dapat ditambahkan dengan cat
dasar warna di mana warna yang dipilih berbagai cat dasar ketiga ini adalah
warna yang sedikit lebih mudah dari warna cat yang sesungguhnya (top coat).
Fungsi cat dasar pertama (primer) adalah paling tidak dua hal yaitu: pertama
untuk melapisi permukaan logam agar tertindung dari serangan karat. Kedua
adalah berbagai perekat antara permukaan panel dengan lapisan berikutnya
seperti dempul dan cat. Sebelum suatu permukaan panel kendaraan dicat dasar
pertama maka perlu pembersihan permukaan yang betul-betul bersih dari berbagai
kotoran termasuk karat. Selanjutnya perlu pengamplasan untuk melukai permukaan
agar cat dasar dapat melekat dengan kuat. Setetah pengamplasan secara keseluruhan
kemudian dilap bersih baru dicat dasar. Dewasa ini penggunaan primer type dua
komponen sudah menjadi populer sekalipun tersedia primer type suatu komponen.
Primer type dua komponen menggunakan hardener sehingga perlu memperhatikan
petunjuk penggunaannya agar didapatkan primer yang kuat menutupi permukaan
panel. Di pasaran terdapat banyak jenis primer dan untuk type dua komponen
sering disebut cat dasar epoxy. Cat dasar epoxy ini juga berbagai merek dengan
berbagai tingkat kualitas yang berbeda-beda. Proses pengeringannya pun
bervariasi ada yang cepat kering dan ada juga yang lambat kering mulai dari
satu jam sampai 24 jam. Kelihatannya bahwa primer type dua komponen yang
berkualitas baik adalah primer yang lambat kering yaitu sekitar 24 jam atau
satu hari satu malam (kering udara) atau tanpa pengeringan paksa. Biasanya
panel yang baru dicat primer pertama ini, komponen¬-komponen yang tidak dibuka
yang tidak boleh kena cat belum ditutup dengan kertas penutup. Hal ini karena
proses pengerjaan kendaraan tersebut masih panjang sehingga jika sudah ditutupi
dengan kertas kemungkina kertas penutup terdapat rusak atau robek. Sehubungan
dengan itu maka setelah pengecatan cat dasar pertama ini, segeralah cuci dengan
thinner komponen-komponen yang tidak ditutupi tersebut. Jika lama baru dicuci
dengan thinner maka cat sulit untuk bersih. Container plastic tidak
direkomendasikan berbagai tempat mencampur wash primer, karena kemungkinan
terdapat terjadi reaksi kimiawi yang terdapat menurunkan kualitas pengecatan.
Gunakanlah alat pengaman seperti kaca mata pengaman (goggles), respirator,
sarung tangan tahan pelarut pada saat rnengecat. Urethene dan epoxy primer
memerlukan mengeringan buatan. Jika tidak menggunakan mengering paksa
biarkanlah mengering, selama 24 jam baru melakukan suatu lapisan berikutnya
seperti pendempulan. Jangan sekali-kali mendempul di atas cat dasar epoxy yang
belurn kering betul. Pendempulan di atas cat primer yang belum kering akan
menyebabkan cat primer tersebut akan terkelupas dan yang tertutupi dempul tidak
akan kering.
Peralatan Pengecatan
alam proses
pengecatan untuk mendapatkan hasil terbaik maka diperlukan beberapa
peralatan pendukung anatara lain unit kompresor, saluran pemipaan, filter
dan regulator, ruang pengecatan, oven pengering, selang angin fleksibel,
spray gun dan sebagainya akan dijelaskan pada bab ini.
Kompresor Udara
Kompresor
berfungsi untuk menghasilkan tekanan udara/angin yang baik dan bersih selama
berlangsungnya proses pengecatan. Lubang hisap udara dilengkapi dengan
filter yang dapat mencegah uap air, debu dan kotoran masuk.
Konstruksinya
terdiri dari motor penggerak, kompresor udara dan tangki penyimpanan yang
dilengkapi dengan katup pengaman tekanan.
Motor
penggerak yang digunakan yaitu motor listrik atau motor bakar (motor
bensin 2 tak dan 4 tak atau motor diesel).
Besarnya
takanan udara yang dihasilkan ditentukan oleh kompresor itu sendiri, daya
motor penggerak serta kapasitas tangki penyimpan. Semakin besar kapasitas
tangki maka pengisian tekanan akan semakin lambat.
Tekanan yang
dihasilkan kompressor diperoleh dari langkah bolakbalik piston yang
dilengkapi katup saluran hisap udara dan katup tekan.
Tekanan
angin tersebut kemudian diteruskan ke tangki penyimpan.
Volume
tangki penyimpan harus disesuaikan dengan kemampuan/daya kompressor. Pada
tangki terdapat saluran masuk dari kompresor, saluran keluar menuju
pipa-pipa penyalur yang dilengkapi katup kran manual, serta katup pengaman
tekanan otomatis dan pressure gauge untuk mengontrol tekanan isi di dalam
tangki. Katup otomatis akan terbuka dan udara keluar perlahan apabila
tekanan dalam tangki melebihi batas yang diijinkan.
Saluran
pemipaan merupakan jalur-jalur pipa yang menghubungkan sumber penghasil
tekanan yaitu unit kompresor dengan unit pengguna misalnya spraygun, air
sander, air impact dan sebagainya. Ada beberapa hal penting yeng perlu
diperhatikan dalam instalasi pipa penyalur :
Pressure
drop atau penurunan tekanan angin yang seminimal mungkin antara sumber
(kompresor) dengan unit pemakai, hal ini terjadi disebabkan oleh gesekan
antara udara yang mengalir di dalam pipa dengan permukaan dalam pipa-pipa
penyalur. Semakin panjang saluran akan berpengaruh terhadap besarnya
pressure drop.
Kebocoran
yang minimal, biasanya terdapat kebocoran pada sambungan-sambungan antar
pipa atau sambungan ke selang pemakai. Penyaringan/filtering harus baik.
Sebelum udara bertekanan disalurkan maka harus disaring dan distabilkan
terlebih dahulu melalui unit Air transformer/Regulator
Udara yang
telah dimampatkan di dalam tangki dapat menimbulkan kondensat atau uap air
meskipun pada lubang hisap kompresor telah dilengkapi dengan filter udara,
maka diperlukan penyaringan dan pengaturan kembali tekanan udara dari
dalam tangki dengan air transformer. Air transformer terdiri dua bagian
yaitu kondensor/filter dan regulator. Kondensor/filter berfungsi untuk
menyaring dan mendinginkan/mengembunkan uap air yang ada pada udara yang masuk
ke saluran pipa-pipa karena dapat menggangu proses dan hasil
pengecatan. Regulator berfungsi untuk mengurangi tekanan dan
mengaturnya tetap stabil sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan, regulator
juga dilengkapi dengan pressure gauge untuk mengetahui tekanan masuk dari kompresor
dan tekanan pemakaian juga dilengkapi katup kran yang dapat diatur.
Selang udara
berfungsi untuk menyalurkan udara bertekanan dari unit penyalur ke unit
pengguna seperti Air Sander, Air Polish, spray gun dan sejenisnya, selang
udara terbuat dari campuran plastic dan karet yang dilapisi anyaman nilon
supaya lentur namun tetap kuat terhadap tekanan sehingga memudahkan
bergerak selama proses pengecatan dan pekerjaan sejenisnya.
Ruang cat
merupakan ruangan berventilasi khusus dan aman yang disediakan untuk
melakukan proses pengecatan, ruangan ini dilengkapi dengan kipas exhaut
yang berfungsi untuk menghisap debu, uap air dan kotoran di udara dalam
ruangan supaya tidak ikut menempel bersama dengan cat.
Oven
merupakan ruangan khusus yang mempunyai seperangkat alat yang bisa
menghasilkan panas yang stabil dengan temperatur sesuai yang dibutuhkan
untuk mengeringkan cat dalam waktu yang relatif singkat.
Pemanas
berfungsi untuk membantu mempercepat proses pengeringan cat. Sumber panas
oven berasal dari pembakaran bahan bakar yang disalurkan lewat
saluran-saluran tertentu sehingga panas di dalam ruang merata atau panas
dari beberapa lampu pijar yang dipasang di dalam ruangan.
Spraygun
adalah suatu peralatan pengecatan yang menggunakan udara kompresor untuk
mengaplikasi cat yang diatomisasikan pada permukaan benda kerja. Spraygun
menggunakan udara bertekanan untuk mengatomisasi/mengabutkan cat pada
suatu permukaan.
Prinsip pengecatan
semprot dengan menggunakan spray gun sama halnya seperti pada atomisasi
semprotan obat nyamuk. Apabila udara bertekanan dikeluarkan dari lubang
udara pada air cap, maka tekanan negatif akan timbul pada ujung fluida,
yang selanjutnya menghisap cat pada cup. Kemudian cat yang dihisap ini
disemprotkan sebagai cat yang diatomisasi (dikabutkan),.
1. Tipe
Spray Gun
Dalam garis
besarnya, spray gun dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:
tipe umpan-berat (gravity-feed), umpan-hisap (suction-feed), dan tipe
kompresi (compression). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar berikut
ini.
2. Konstruksi
Spray Gun
a. Sekrup
penyetel fluida
Jumlah
keluaran cat dapat disetel dengan mengatur jumlah gerakan jarum.
Mengendorkan sekrup penyetel akan menambah jumlah pengeluaran cat, dan
mengencangkan sekrup mengurangi jumlah pengeluaran cat. Pengencangan
sekrup penyetel sepenuh langkah, akan menghentikan aliran cat.
b. Sekrup
penyetel fan spreader
Sekrup ini
berfungsi untuk menyetel bentuk pola semprotan.
Mengendorkan
sekrup membuat pola oval (lonjong), dan mengencangkan sekrup membuat pola
lebih bulat. Pola yang oval lebih cocok untuk menyemprotkan cat pada area
kerja yang besar. Sedangkan pola yang lebih bulat akan cocok untuk
menyempotkan cat pada area yang leih kecil.
c. Sekrup
penyetel udara
Sekrup ini
berfungsi untuk menyetel besarnya tekanan udara. Mengendorkan sekrup
penyetel berarti menambah tekanan udara, dan mengencangkan sekrup penyetel
akan mengurangi
tekanan
udara. Mengencangkan sepenuh langkah sekrup penyetel, akan menghentikan
tekanan udara. Tekanan udara yang tidak mencukupi, akan mengurangi atomisasi
cat, dan tekanan udara yang berlebihan akan menyebabkan cat terpercik,
jadi akan menambah jumlah cat yang diperlukan.
d. Fluid Tip
Fluid tip
berfungsi untuk mengatur dan mengarahkan jumlah cat dari spray gun ke
dalam air streem. Pada fluid tip terdapat suatu taper (ketirusan). Pada
saat jarum menyentuh taper ini, aliran cat dihentikan. Apabila cat
dikeluarkan, maka jumlah keluaran ini akan tergantung pada ukuran pembukaan
fluid tip di saat jarum menjauhi tip.
e. Air Cap
Air cap
berfungsi mengeluarkan udara untuk membantu atomisasi/pengkabutan cat. Air
cap memiliki lubang-lubang udara sebagai berikut, lubang udara tengah
untuk membuat kevakuman pada fuid tip dan menyemprotkan cat, lubang udara
kontrol fan menggunakan tenaga udara kompresor untuk menentukan bentuk
pola semprotan, dan lubang udara atomisasi untuk menyebarkan atomisasi cat.
Fungsi lain
air cap adalah untuk mengubah arah pola semprotan, yaitu dengan cara
memutar air cap.
f. Trigger
Menarik
trigger akan menyebabkan udara dan cat menyemprot. Trigger bekerja didalam
dua tahap. Menarik trigger pada permulaan akan membuka katup udara,
sehingga hanya udara saja yang menyemprot. Menarik trigger lebih lanjut,
akan menyebabkan jarum terbuka, sehingga cat menyemprot bersamaan dengan
udara. Tipe konstruksi ini dirancang untuk membuat atomisasi yang
konsisten pada saat trigger ditarik.
Spraygun
dibedakan menurut metode suplai catnya yaitu Suctionfeed, gravity-feed dan
pressure-feed
Suction-feed
Pada tipe
ini aliran udara bertekanan pada fluid tip menghasilkan kevakuman sehingga
menghisap
cat dari tabung penampung yang berada di bawah keluar bersama-sama dengan
udara pada air cup. Kapasitas tangki penampung tidak lebih dari 1 liter,
Apabila terlalu banyak akan menyebabkan kelelahan yang lebih cepat selama
proses pengecatan
Gravity-feed
Penampung
cat posisinya berada di atas spraygun sehingga cat mengalir sendiri Karen
adanya gaya gravitasi, penampung lebih kecil yang dapat digeser posisinya
Sangat sesuai untuk mengecat permukaan yang relatif luas. Kelemahan model
ini adalah saat posisi mengecat tidak tegak lurus, cat dari tabung
penampung cenderung akan tumpah dan apabila cat sudah hampir habis, pipa
hisap tidak menjangkau permukan cat.
Konstruksi
ini lebih ringan, sangat sesuai untuk mengecat permukaan yang relatif
sempit atau mengecat dengan warna yang berganti-ganti. Kerugiannya adalah
kotoran yang mengendap pada bagian bawah penampung akan ikut
terhisap
Pressuere-feed
Model ini
mempunyai keunggulan yaitu mampu mengecat permukaan yang lebar tanpa harus
sering mengisi ulang tabung penampung karena menggunakan tangki penyimpan
cat yang lebih besar, kapasitas 4-40 liter.
Spraygun
terpisah dengan tabung catnya sehingga lebih ringan dan mudah melakukan
pengecatan dalam berbagai posisi. Mulut spraygun dirancang bukan untuk
menghasilkan kevakuman seperti model lainnya, berfungsi hanya sebagai
mulut penyempot cat yang sudah menjadi gas. Pada tabung cat sudah
diberikan tekanan sehingga cat keluar karena tekanan angin dari dalam
tabung cat.
Air brush
pen mempunyai fungsi yang sama dengan spray gun tetapi volumenya lebih
kecil seukuran dengan bulpen untuk menggambar, air brush biasa digunakan
untuk mengecat permukaan benda yang sempit dan warna yang detil, atau
untuk menggambar bentuk-bentuk tertentu. Dipergunakan para seniman
airbrush untuk menuangkan imajinasinya dengan media bodi mobil atau media
lainnya.
Blok
tangan/hand block adalah blok dimana amplas ditempelkan dan digunakan
untuk pengamplasan manual supaya hasilnya rata pada seluruh permukaan. Ada
yang berbentuk datar dan ada pula yang mempunyai siku atau sudut tertentu.
Sander
adalah alat pengikis yang diberi power dimana amplas dipasang dan
digunakan untuk mengamplas lapisan cat, putty/surfacer. Menurut tipe power
yang digunakan. Sander dapat dibagi menjadi : Tipe elektrik yaitu
yang menggunakan tenaga listrik dan Tipe pneumatik yaitu menggunakan udara
bertekanan.
Pengaduk/Paddle
Pengaduk
digunakan untuk mencampur putty/surfacer supaya membentuk kekentalan yang merata
dan juga membantu mengeluarkan cat atau surfacer dari kaleng ke wadah
pencampur. Bahan ini terbuat dari metal kayu atau plastik, dan beberapa
diantaranya memiliki skala untuk mengukur campuran hardener dan thinner.
Spatula
digunakan untuk mencampur dempul atau aplikasi pada permukaan benda kerja.
Bahan ini terbuat dari plastik, kayu dan karet.
Setelah
digunakan spatula harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum mengering.
Apabila masih ada dempul yang tertinggal dan mengering pada spatula, maka
dempul akan mengeras dan membuat spatula tidak dapat digunakan kembali.
Pistol udara
atau air duster gun digunakan untuk membersihkan permukaan kerja dari debu
atau kotoran lainnya dengan cara meniupkan udara bertekanan.
Papan
pencampur atau mixing plate dipergunakan untuk mencampur dempul atau
surfacer dengan hardenernya supaya lebih mudah dan merata. Alat ini
terbuat dari metal, kayu, atau plastik.
Kertas
masking atau masking paper adalah kertas yang digunakan untuk menutup area
yang tidak boleh terkena cat saat melakukan pengecatan sebagian. Misalnya
kaca atau mengecat permukaan dengan warna berbeda.
Masker
sangat diperlukan saat kita melakukan pengecatan karena zat-zat kimia yang
terkandung dalam cat akan mudah terhirup paru-paru, dan sangat berbahaya
bagi kesehatan baik jangka panjang maupun jangka pendek. Masker merupakan
alat keamanan yang wajib dipakai saat melakukan proses ampelas, sanding,
pengecatan dan sejenisnya.
Masker bisa terbuat dari lembaran kain khusus atau
dibentuk khusus dari plastik yang dilengkapi busa penyaring yang dapat
dibersihkan atau diganti.
1 komentar:
Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.
[Finishing Floor Hardener & Epoxy]
Fungsi Hardener pada Epoxy.
----------
Posting Komentar